Selasa, 03 April 2012

Gaharu dan Pengembangan Potensi Lokal Kalbar

Seminar internasional tentang budidaya gaharu yang akan dilaksanakan di Singkawang, Sabtu 3 Maret 2012 mendatang seharusnya mendapat perhatian pemerintah kita, terutama instansi terkait di level provinsi dan kabupaten.
Pemerintah kabupaten yang selama ini menjadi sumber produksi gaharu alam – seperti Sintang, Kapuas Hulu, harus tergerak hati untuk berpartisipasi dalam seminar ini, sehingga pada akhirnya diperoleh wawasan baru dengan tukar pengalaman dan menimba ilmu bagaimana membudidayakan gaharu dilakukan.

Dilihat dari para pembicara yang akan hadir -- seperti Dr Ir Tarsoen Warsono,M.Sc Dirjen Kalpataru, Witsawa Sripetkla dari Thailand, Zamakhsyrary Mustapa dari Kuala Lumpur, dan Manshur, SH,MA Ketua Umum Asgarin alias Asosiasi Gaharu Indonesia serta Maruly Manalu sebagai petani lokal yang sukses bertanam gaharu – kiranya tambahan wawasan dan pengalaman pasti bisa diperoleh. Bahkan lebih dari itu, mungkin setelah forum ini daerah-daerah bisa memperoleh pendampingan jika ingin melakukan budidaya tanaman itu.
Kita memang menaruh harapan besar terhadap setiap upaya mendongkrak ekonomi rakyat dengan basis potensi lokal. Upaya seperti ini akan berdampak sangat positif.
Gaharu selama ini tumbuh di banyak tempat di wilayah Kalimantan Barat. Gaharu tumbuh di hutan secara liar. Selama ini satu persatu pohon gaharu dibabat, dicincang batangnya untuk mencari gaharunya.
Masyarakat menjadi gaharu sebagai sumber pendapatan disamping usaha lain. Mereka mengambil sesuatu yang diberikan tuhan di sekitar kampung dan hutan mereka.
Di balik gairah mencari gaharu di beberapa wilayah di Kalbar, masyarakat terbuai. Mereka menebang tetapi lupa menanam. Gaharu yang tumbuh alami mungkin tidak dapat lagi diharapkan banyak di masa-masa yang akan datang. Kenyataan ini membuat masyarakat pada kehilangan sumber pendapatan.
Padahal, seperti dikatakan Dr. Elias Tana Moning, berdasarkan pengalaman di beberapa tempat gaharu juga bisa ditanam. Lahan yang cukup dan cocok memungkinkan gaharu tumbuh dengan baik dan kemudian menjanjikan tambahan pendapatan yang berkelanjutan, dan menjadi sumber pendapatan lain di samping karet.
Kita yakin di kemudian hari jika usaha budi daya ini ditekuni sejak hari ini maka di masa yang akan datang kita akan menikmati hasilnya.

0 komentar: